5 Jenis-Jenis Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Cuan!

Saat ini, mungkin banyak dari kamu yang menyadari bahwa terdapat jenis-jenis pemasaran yang sudah dilakukan oleh bisnis-bisnis atau perusahaan untuk menggaet perhatianmu sebagai konsumen agar menggunakan produk atau jasa mereka. Hal ini tentu wajar dilakukan karena perlombaan tersebut dapat membantu bisnis memenuhi target penjualan mereka.

Kalau kamu sekarang ini sedang mengembangkan bisnis, mengikuti jejak para pebisnis yang menerapkan jenis-jenis pemasaran adalah sebuah keharusan yang patut dicoba juga. Terutama kalau kamu ingin berfokus untuk meningkatkan keuntungan dalam bisnismu. 

Namun, apakah kegiatan pemasaran itu bertujuan untuk memaksimalkan cuan bisnis saja? Seperti apa sajakah sih jenis-jenis pemasaran yang ada?

Berikut di dalam artikel ini, kamu bisa menemukan informasi terkait pemasaran, lengkap mulai dari pengertian, tujuan pemasaran, dan juga tentunya jenis-jenis pemasaran. Yuk, baca sampai habis!

Jenis-Jenis Pemasaran

 

Pengertian Kegiatan Pemasaran dalam Berbisnis

Sebelum memahami jenis-jenis pemasaran yang biasanya dilakukan oleh bisnis-bisnis besar, yuk ketahui terlebih dahulu tentang pengertian dari pemasaran!

Pada dasarnya, pemasaran adalah sebuah kegiatan terstruktur dan terencana yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis sebagai upaya untuk tidak hanya memenuhi target penjualan, tapi juga demand pasar. 

Dengan melakukan kegiatan pemasaran, bisnis diharapkan dapat memperoleh keuntungan yang lebih maksimal dari penjualan. Sehingga, kegiatan pemasaran ini tidak bisa dilakukan dengan tanpa arahan. Melainkan, membutuhkan strategi yang terarah agar pemasaran tersebut tidak sia-sia merugi dan benar-benar mendatangkan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa kita.

Salah satu contoh sederhana dalam perencanaan strategi pemasaran adalah menyesuaikan kegiatan pemasaran dengan target market bisnismu. Meski terdengar sederhana, tapi kegiatan pemasaran yang terfokus untuk target market-mu memiliki kemungkinan besar dalam mendatangkan penjualan lho. Sehingga, perolehan keuntungan dapat lebih maksimal, deh.

Namun demikian, tentu kegiatan tersebut tentu dapat dengan lebih lanjut kamu sesuaikan dengan jenis-jenis pemasaran yang ada. Jenis-jenis pemasaran yang cocok untuk target pasar A tentu akan berbeda dengan jenis-jenis pemasaran yang pas untuk target pasar B.

BACA JUGA :  Kenapa Retur Penjualan adalah Hal yang Harus Dihindari?

Baca Juga: Apa Itu Promosi? Begini Pengertian, Fungsi, & Contohnya

Tujuan Kegiatan Pemasaran Bagi Bisnismu

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan kalau kegiatan pemasaran berperan penting dalam jalannya sebuah bisnis, bukan? Kegiatan pemasaran tidak dipungkiri dapat membantu bisnis mendapatkan keuntungan lebih. Tapi, sebenarnya kegiatan pemasaran punya tujuan lain lho.

Berikut adalah tujuan lain dari kegiatan pemasaran untuk bisnis.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai pemilik bisnis, tentu kamu ingin agar brand-mu dikenal oleh khalayak luas, bukan? Nah, dengan melakukan kegiatan promosi, melalui penerapan jenis-jenis pemasaran, secara tidak langsung kamu juga menyebarluaskan nama brand, sehingga dapat dikenal oleh orang-orang.

2. Mengukur Kepuasan Pelanggan

Melakukan pemasaran juga dapat memungkinkan pemilik bisnis untuk mengetahui apakah pelanggan sudah puas dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Informasi tersebut dapat diukur dari keberhasilan upaya pemasaran yang kamu lakukan.

 

Jenis-Jenis Pemasaran

3. Riset Target Market dan Strategi Pemasaran Lanjutan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kegiatan pemasaran idealnya harus dirancang berdasarkan target market. Hal ini dapat memungkinkan pemilik bisnis agar lebih paham betul mengenai informasi-informasi dari target market, seperti jenis kelamin, rentang usia, profesi, pendapatan, minat, dan lainnya.

Selain itu, dengan menjalankan kegiatan pemasaran, kamu dapat lebih memahami strategi pemasaran dan jenis-jenis pemasaran selanjutnya yang lebih cocok untuk target market-mu.

4. Berkolaborasi dengan Pihak Lain

Melakukan kegiatan pemasaran juga dapat mendatangkan dan membuka kesempatan bisnismu untuk bekerja sama dengan pihak lain lho. Pasalnya, ketika kamu berhasil melakukan pemasaran secara sukses, integritas bisnis juga akan dapat bertambah. Alhasil, kemungkinan bisnis lain untuk melakukan kolaborasi dengan bisnismu juga akan terbuka lebar.

Pada intinya, pemasaran jika dilakukan dengan benar dan terencana dapat memperlancar jalannya bisnismu. Gimana udah penasaran dengan jenis-jenis pemasaran yang ada? Yuk, simak bagian selanjutnya!

BACA JUGA :  Ini Dia Alasan Menggunakan Jasa Perusahaan Ekspedisi

 

Beberapa Jenis-jenis Pemasaran yang Bisa Kamu Terapkan dalam Bisnis

1. Digital Marketing atau Pemasaran Digital

Tidak dapat dipungkiri, saat ini semua sudah serba digital dan informasi-informasi juga banyak dengan lebih mudah didapatkan dari media online. Dengan begitu, sebagai pemilik bisnis di masa kini juga hendaknya menanamkan mindset tersebut dan menerapkannya dalam kegiatan pemasaran bisnisnya.

Yap, digital marketing adalah kegiatan pemasaran melalui media yang serba digital. Jenis pemasaran ini banyak menjadi pilihan pertama para pebisnis maupun perusahaan besar karena effort-nya yang mudah dilakukan, tapi dapat menarik pelanggan dan calon pelanggan dengan cepat. Tapi, meski mudah, tetap saja perlu perencanaan atau persiapan strategi yang matang untuk melakukannya.

Seperti apa saja jenis-jenis pemasaran digital marketing? Jenis-jenis pemasaran dalam digital marketing ada banyak, beberapa di antaranya, antara lain:

 

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Iklan online, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads
  • Email marketing
  • Social Media marketing
  • Billboard LED
  • Iklan di televisi
  • Promosi melalui influencer media sosial
  • dan lainnya.

 

Baca Juga: Apa itu Campaign, Bagian Teknik Marketing pada Bisnis

 

 

Jenis-Jenis Pemasaran

2. Public Relation

Nah, kalau kamu ingin membangun citra dan brand awareness bisnis, public relation adalah salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang dapat kamu gunakan. Pada dasarnya, public relation atau PR adalah media yang dapat kamu gunakan terus-menerus untuk menanamkan adanya image brand ke dalam ingatan konsumen.

PR dalam bahasa Indonesia juga biasa dikenal sebagai Hubungan Masyarakat. Jenis pemasaran ini memang yang lebih fokus dalam membentuk persepsi dan opini pelanggan yang kemudian diharapkan dapat menumbuhkan partisipasi mereka, seperti melakukan pembelian, menjadi loyal customer, dan lainnya.

BACA JUGA :  Cara Menjalankan Bisnis Sabun Organik

 

 

Jenis-Jenis Pemasaran

3. Word of Mouth

Salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang populer lainnya adalah word of mouth marketing (WoM). WoM adalah upaya pemasaran yang disampaikan melalui mulut ke mulut. Yap, WoM ini bisa dibilang pemasaran yang tradisional karena pada zaman dahulu digunakan untuk menyebarluaskan awareness bisnis dan memperoleh reputasi.

Sebagai contoh sederhana, bayangkan kalau kamu menyukai satu produk dan kemudian merekomendasikannya ke kerabat atau orang terdekatmu. Lalu, mereka juga ikut memakainya pula. Nah, inilah yang dinamakan pemasaran dari mulut ke mulut.

Pada implementasinya di zaman sekarang ini, kamu bisa melihatnya dari influencer yang sering melakukan endorsement. Influencer tersebut mengulas suatu produk kepada followers-nya sehingga banyak orang yang akan tertarik menggunakannya pula.

4. Telemarketing

Pernah mendapat telepon masuk dari bank-bank yang menawarkan fasilitasnya? Nah, ini adalah contoh dari telemarketing. Telemarketing pada dasarnya adalah jenis pemasaran yang menggunakan telepon atau situs web yang digunakan menawarkan langsung produk atau jasa kepada calon pelanggan.

5. Transactional Marketing

Pada urutan terakhir di jenis-jenis pemasaran, terdapat transactional marketing atau pemasaran transaksional. Pemasaran jenis ini berupa potongan diskon, cashback, atau bonus lainnya yang digunakan untuk bisa menarik minat pelanggan agar membeli sesuatu. 

Pemasaran transaksional biasanya dilakukan dalam periode yang terbatas. Meski begitu, jenis pemasaran ini dapat secara ampuh meningkatkan cuan dalam bisnismu!

Itulah kelima jenis-jenis pemasaran yang bisa kamu coba agar keuntungan makin maksimal. Mana pun pemasaran yang akan diterapkan, idealnya diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang agar upaya tersebut tidak sia-sia.

Nah, kalau kamu udah mendapatkan banyak orderan jangan lupa kirimnya pakai Vendorku.id! Vendorku.id menawarkan pengiriman barang yang terjamin aman dan kamu dapat selalu mengecek posisi terkini barangmu melalui fitur Live Tracking-nya! Yuk, cobain kirim paketmu pakai Vendorku.id!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *